Wednesday, May 9, 2018

Q & A: Apa yang Harus diperhatikan dalam Pendanaan Usaha?


Pendanaan usaha bisa kita peroleh dengan dari pendanaan ekuitas(modal sendiri), yaitu pemilik menginvestasikan laba perusahaannya untuk ditempatkan dalam perusahaan guna memperkecil risiko pengembalian dalam tingkat rendah dan pendanaan dari hutang(pinjaman), yaitu mengandung resiko dimana pemberi modal/ hutang pertama kali menarik laba dan harus dibayar sekalipun perusahaan tidak ada laba atau dalam kondisi merugi. Berikut ini yang harus kita perhatikan dalam pendanaan usaha. 

Sumber pendanaan ada yang berasal dari angel investor, venture capitalist, crowdfunding, teman, dan keluarga. baca selengkapanya sumber pendanaan
  1. Angel Investor
Berikut ini ciri dari Angel Investor menurut The Business Angel(http://garudapreneur.com/artikel/apa-itu-angel-investor-dan-venture-capitalist ):
ü  Investor individual, investor individual, yang seringkali merupakan pebisnis sukses yang menginvestasikan dana pribadi mereka sendiri kedalam bisnis yang berpotensi menguntungkan
ü  Berinvestasi pada startup atau bisnis tahap awal, serta perusahaan yang sudah mapan
ü  Dana investasi: kurang dari USD $1 juta
ü  Dapat turun campur tangan ataupun tidak
  1. Venture Capitalist 
Venture Capitalist adalah investor jangka panjang yang mengambil pendekatan terlibat dengan semua investasi mereka dan secara aktif bekerja sama dengan tim manajemen kewirausahaan dalam rangka membangun perusahaan besar. Venture Capitalist menggunakan uang orang lain(para investor yang menginvestasikan uang mereka) untuk berinvestasi diperusahaan-perusahaan baru.
  1. Periksa mitra di Venture Capitalist tersebut: Ada beberapa mitra di sebuah Venture Capitalist. Kenali dan ketahui siapa mitra yang paling anda suka untuk diajak kerjasama dan pastikan bahwa ia adalah orang yang tepat untuk bekerja sama dengan Anda.
  2. Hubungan/Chemistry: Menemukan hubungan dan chemistry dengan investor adalah poin utama yang dibahas dalam disukusi panel ini. Ini adalah kunci untuk memastikan bahwa hubungan yang terjalin sudah berjalan dengan baik, dan memiliki potensi untuk bertahan dalam jangka panjang.
  3. Periksa perusahaan portfolio mereka: Untuk mengetahui perusahaan seperti apa yang telah diinvestasi oleh investor, periksa portofolio mereka. Jadi misalnya, sebuah perusahaan e-commerce tidak perlu membuang banyak waktu untuk mencari pendanaan dari Venture Capitalist yang berfokus pada teknologi hardware.
  4. Siklus perusahaan: Setiap perusahaan investasi memiliki siklus, biasanya sekitar 10 atau 15 tahun. Jika perusahaan investasi mendekati akhir siklusnya, perusahaan akan cenderung berfokus pada exit – bagi perusahaan portfolionya untuk IPO atau diakuisisi. Jadi memahami siklus pendanaan merupakan hal yang penting karena startup perlu waktu untuk bertumbuh sebelum exit – jika itu memungkinkan.
  5. Perhatikan opsi lain: Venture Capitalist bukanlah satu-satunya sumber pendanaan. Ada juga angel investor, crowdfunding, teman, dan keluarga.
  6. Tidak ada kontrol 100 persen: Tidak semua orang harus mencari pendanaan dari investor. Jika Anda adalah seorang yang gila kontrol – artinya, seseorang yang ingin memiliki 100 persen kendali dan kepemilikan – maka lebih baik tetap menjadi perusahaan yang kecil dan bertumbuh secara organic/ natural/ apa adanya tanpa suntikan dana dari luar. Founder perlu tahu bahwa mencari pendanaan dari investor berarti memberikan sebagian kepemilikan perusahaan kepada orang lain demi pertumbuhan perusahaan.
  7. Angel investor yang sibuk tidak keren:  angel investor yang terkenal bukanlah investor yang baik untuk diajak bekerja sama. Karena mereka biasanya memiliki terlalu banyak komitmen lain, dan umumnya telah berinvestasi pada lebih dari 40 sampai 50 startup. Mereka memiliki sedikit waktu untuk memberikan mentoring. seringkali biasanya mengambil saham dalam jumlah besar, tapi memberi uang dalam jumlah sedikit, yang biasanya membuat founder hanya memiliki sangat sedikit saham setelah melewati beberapa putaran pendanaan. Itu tidak baik karena mereka bisa menjadi kurang termotivasi akibat jumlah saham yang kecil. Jadi, ya, pertimbangkan baik-baik jika ingin bekerjasama dengan angel investor yang sibuk. Bahkan jika mereka terkenal, itu tidak berarti apa-apa jika mereka terlalu sibuk.
  1. Crowdfunding
Seorang ahli eksperimen digital pada tahun 2006 yakni Michael Sullivan, memberi gagasan untuk menjembatani gap pendanaan tersebut. Sullivan mencetuskan istilah “crowdfunding” yang mengacu kepada suatu skema pendanaan berbasis khalayak dengan memanfaatkan teknologi web 2.0. Sullivan mendeskripsikan crowdfunding sebagai “pendanaan berdasarkan timbal-balik (reciprocity), transparansi, kepentingan bersama (shared-interest) dan, di atas semuanya, berasal dari khalayak masyarakat.” Karakteristik utama dari crowdfunding adalah banyak orang memberikan dukungan finansial (umumnya bernominal kecil) untuk suatu proyek melalui website. Konsep crowdfunding tidak terlepas dari fenomena media sosial yang terlebih dahulu muncul, yaitu “crowdsourcing”. Contoh yang dilakukan untuk crowdfunding pesawat R80 program ini melalui  www.kitabisa.com

Pendanaan usaha yang harus diperhatikan yaitu sumber dana dari mana?, modal atau dana yang dibutuhkan, kelebihan dan kelemahannya. Seperti halnya pendanaan bisa bersumber dari teman atau keluarga tetapi dalam praktiknya tidak sesederhana itu, perlu adanya perjanjian ataupun bukti hitam diatas putih bermeterai untuk berjaga-jaga dikemudian hari. Berbeda ketika dana itu  hibah atau hadiah. Jadi sangat perlu kejelasan yang mengikat tentang pendanaan dan sumbernya atau ketentuan-ketentuan berlaku agar dikemudian hari tidak terjadi konflik atau bahkan putus persahabatan, pertemanan atau bahkan ribut dan rebutan karena keluarga.

1 comment:

  1. blue titanium - Tioga.com
    What's blue how strong is titanium titanium?What's blue titanium bars titanium?Where is titanium alloy nier blue titanium?More results 2020 ford ecosport titanium from www.titanium-arts.com titanium pen

    ReplyDelete

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...