Sunday, April 15, 2018

KONSEP DASAR & MOTIVASI BERWIRAUSAHA


Motivasi bukan hanya untuk satu atau dua orang, hampir semua orang selalu membutuhkan motivasi, mereka menganggap hal ini adalah semangat untuk mencapai sesuatu. Setiap manusia membutuhkan dorongan positif dari luar dirinya, tetapi sebagus apapun motivasi dari seorang motivator, motivator terbaik adalah diri kita sendiri karena kita yang mengolah pikiran, niat dan sudut pandang itu menjadi motivasi terkuat. Definisi Motivasi adalah aktivitas perilaku yang bekerja dalam usaha memenuhi kebutuhan yang diinginkan
Elliott et al. (2000), mencontohkannya dengan nilai, hadiah, dan/atau penghargaan yang digunakan untuk merangsang motivasi seseorang.


JENIS – JENIS MOTIVASI
Motivasi Primer
Motivasi primer adalah  motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar,  motif dasar tersebut berasal dari segi biologis atau  jasmani manusia.

Motivasi sekunder
Motivasi sekunder adalah motivasi yang dipelajari,motif ini dikaitkan dengan motif sosial, sikap dan emosi dalam
SIFAT MOTIVASI
Motivasi Intrinsik
Adalah motivasi yang timbul dari dalam diri pribadi individu itu sendiri tanpa  adanya pengaruh dari  luar individu.  Contoh orang berwirausaha karena dorongan untuk  memiliki usaha sendiri 
Motivasi Ekstrinsik
Adalah dorongan terhadap perilaku seseorang yang ada diluar perbuatan yang dilakukannya. Ia mendapat pengaruh atau rangsangan dari luar, contoh: Ia belajar karena terdorong oleh orang lain, karena takut mendapatkan hukuman. 




Motivasi berwirausaha  yang dilakukan oleh Praag dan Cramer (2001) menemukan bahwa orang akan menjadi wirausahawan jika expected rewards yang dinikmatinya lebih tinggi dari upah sebagai karyawan. Karena imbalan yang diharapkan (expected rewards) tergantung pada penilaian dan sikap seseorang terhadap resiko, maka riset ini telah memasukan konsep mengenai persepsi terhadap kelayakan berwirausaha (entrepreneurial feasibility). Dengan demikian, seperti halnya teori harapan, riset ini menemukan bahwa aktivitas kewirausahaan merupakan fungsi dari kelayakan (feasibility) dan keinginan (desirability). Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Levesque et al. (2002) menemukan bahwa pilihan antara menjadi wirausahawan dan menjadi karyawan akan berubah seiring dengan perubahan usia seseorang
Segal et al. (2005) menyimpulkan bahwa keputusan seseorang untuk berwirausaha atau bekerja pada orang lain merupakan proses rasional yang melibatkan tiga aspek berikut:
1.        Setiap orang akan membandingkan keinginan (desirability) untuk bekerja secara mandiri atau bekerja pada orang lain;
2.        Setiap orang akan menilai apakah ia mempunyai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dan aktivitas yang diperlukan untuk menjadi seorang wirusahawan;
3.        Setiap orang harus menentukan apakah ia bersedia menerima resiko yang inheren dalam aktivitas kewirausahaan.

Motivasi yang harus dibangun ketika berbisnis
1.              Fokus pada tujuan
Tujuan Bisnis itu harus dirumuskan dan difokuskan. Microsft dibangun juga slah satu dari motivasi” Mempertahankan FOKUS adalah kunci sukses.  Anda seharusnya memahami bidang kompetensi Anda, ketrampilan Anda dan menghabiskan waktu serta energy Anda di sana.(Bill Gates- Pendiri dan CEO Microsoft)
2.              Jangan menunda,
        Apabila anda memiliki ide bisnis sekarang  dan mampu menjawab kebutuhan dan era sekarang, tetapi anda akan memulai bisnis tersebut 10 Tahun yang akan datang, Bisnis tersebut akan basi atau sudah tidak menarik lagi. Kecuali, anda akan memulai bisnis yang visioner belum ada sekarang, tetapi anda perlu membangun ide tersebut dari sekarang dan membutuhkan waktu 10 tahun. seperti kisah Inspiratif Khoirul anwar penemu 4G LTE, yang saat ini bisa dinikmati manusia seluruh negara di dunia.

3.              Miliki visi,
         Sebuah gagasan tertulis mengenai cita-cita perusahaan atau tujuan utama pendirian sebuah perusahaan, instansi, atau organisasi.
4.              Lakukan pekerjaan sesuai hati nurani
                 Contoh Motivasi Bisnis : Rex Marindo, salah satu bos Warung Upnormal Grup (nama asli grupnya si Cita Rasa Prima Indonesia Berjaya). Bisnis dengan membuat branding keren dari sebuah produk sederhana seperti Indomie dan dijual lebih valuable sesuai kantong anak kafe lewat Upnormal.  Pertama kali sukses membuka bisnis kuliner. Lelaki kelahiran Palembang itu menahan diri membeli mobil dan tetap memakai motor. Uang yang didapat dia tanamkan kembali untuk membuka lebih banyak resto cabang. Baju kebesarannya” adalah kaos hitam kaos hitam Upnormal bertulisan “Kopi untuk Indonesia”. semua untuk ibadah. Bisa menjadi kran (penyalur) rezeki bagi 3.500 karyawan itu membahagiakan.”. saat ini dengan 118 warung upnormal Rex tetap dalam kepribadian yang sederhana. Rex mengatakan bahwa semuanya ini sedang deal dengan The Greatest Investor: God! Jadi itu yang membuat Rex tetap bersemangat.
5.              Berani mengambil risiko,
Seorang wirausaha atau enterprener yang ingin sukses sudah sewajibnya untuk memiliki sikap berani mengambil resiko usaha. Pebisnis sukses dan berani itu Elon Musk dengan PayPal yang didirikan pada tahun 1998, kemudian 4 tahun kemudian PayPal dibeli oleh eBay seharga 2 miliar dolar. Dengan kekayaan yang sangat banyak tersebut, Elon Musk langsung berusaha membuat perusahaan lainnya, yaitu Tesla Motors. Seperti diketahui pada waktu ekonomi di Amerika Serikat sangat turun dan belum tentu orang Amerika sendiri dapat membeli mobil elektrik keluaran Musk. Tetapi Elon Musk tetap pada pendiriannya yaitu konsisten membuat motor listrik. Ketika itu Musk bertaruh 50 juta dolar untuk membuat Tesla Motors dan sekarang perusahaannya tersebut bernilai lebih dari 2.5 miliar dolar.
6.              Percaya pada diri sendiri,
          Percaya diri sangat penting, karena ketika kita tidak memiliki percaya pada diri sendiri  justru akan mudah terobang ambing atau bahkan kita tidak bisa memfilter masukan arahan dan atau kritik saran dari pelanggan.
7.              Merencanakan bisnis dengan baik,
          Merencanakan dengan baik dimulai memiliki visi, tujuan, melakukan perencanaan apakah itu bisnis plan atau dengan bisnis kanvas, yang terpenting diikuti dengan data, riset dan informasi yang mencukupi.
8.              Belajar dari kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain,
Seorang entrepreneur jangan pernah berhenti untuk belajar dan memperbarui pengetahuan, tidak perlu takut atau khawatir melakukan kesalahan. Missal akan memulai bisnis takut melakukan kesalahan dan gagal, yang terpenting sudah menanggulangi apa-apa yang bisa diminimalisasi, terus belajar, berproses, melakukan analisis dll).
 Contoh perusahaan besar pun melakukan kesalahan, Nissan Juke buatan 3 Februari - 26 Mei 2012 ditarik lantaran jok belakangnya rentan terlepas saat terjadi kecelakaan. Kondisi ini akan membuat penumpang rentan cedera. Alhasil, sebanyak 400 unit Juke di Indonesia ditarik (recall) dari peredaran.
9.              Membangun tim yang hebat
Tim hebat itu yang seperti apa, yang didalamnya ada teamwork, memiliki visi yang sama, merekrut yang terbaik agar  tim terbentuk, adanya pengaturan waktu dan timeline sekaligus mampu melakukan skala prioritas.  Contoh warung Upnormal juga di dirikan dari sebuah tim yang hebat. Ide bisnis yang mengangkat kasta indomie ke kafe

10.         Memberikan pelayanan prima pada pelanggan
Berikan pelayanan prima dan ekstra pada pelanggan, sekalipun itu tidak memberikan keuntungan secara materi. Contohnya memberikan informasi tambahan tentang bagaimana menggunakan produk, mengajarkan konsumen cara memakai produk, memberikan senyuman dan membukakan pintu saat pelanggan mendatangi kantor Anda, memberikan pelayanan setelah penjualan, dll.
11.         Mengelola keuangan perusahaan secara bijak
Mengelola keuangan dengan mencatat semua pengeluaran untuk bisnis anda, pisahkan uang bisnis dan uang pribadi atau untuk keluarga, jangan mudah berhutang, hindari kartu kredit karena kartu kredit itu melenakan(banyak promo, banyak diskon dan menyebabkan kita tidak  mampu mengontrol)
Menurut Wirasasmita (1994), orang berhasrat untuk berwirausaha karena :
1.     Alasan Keuangan, yaitu mencari nafkah, untuk menjadi kaya, untuk mencari    pendapatan tambahan, sebagai jaminan stabilitas keuangan.
2. Alasan Sosial, yaitu memperoleh gengsi/status, untuk dapat dikenal dan dihormati, utnuk menjadi panutan, agar dapat bertemu dengan orang banyak.
3.     Alasan Pelayanan, yaitu memberi pekerjaan kepada masyarakat, membantu anak yatim, membahagiakan orang tua, demi masa depan keluarga
4.     Alasan pemenuhan diri, yaitu menjadi atasan/ mandiri, untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, untuk menghindari ketergantungan pada orang lain, untuk menjadi produktif dan untuk menggunakan kemampuan pribadi

Referensi:

Eliot, 2000. Educational psychology : effective teaching, effective learning. Boston : McGraw-Hill
Echdar S. 2013. Manajemen Entrepreneurship Kiat sukses menjadi Wirausaha. Andi. Yogyakarta.
Levesque, M., Sheperd, D.A, dan Douglas, E.J. 2002. Employment or Selfemployment? A dynamic utility maximizing model. Journal of Business Venturing. Vol. 17 No.3, hal. 189-210.
Segal, G., Borgia, D. dan Schoenfeld, J. 2005. The motivation to become an entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Ressearch, Vol. 11 No.1, hal. 42 – 57
Praag, C.M. dan Cramer, J.S. 2001. The roots of entrepreneurship and labor demand: individual ability and low risk. Economica. Vol. 68, No. 269, 45-62.










 










2 comments:

  1. EURO 2020 Segera Tiba...
    Segera Dapatkan Agen Terbaik dan Terpercaya Demi Kenyamanan Dalam Bermain.
    Winning 303 Hadir Dengan Agen Sportsbook Terbaik dan Terpercaya Saat ini..Dengan Sistem Teknologi Modern Untuk Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Dalam Bermain.

    Dapatkan Segera Bonus Spesial Untuk Anda Yang Bergabung.
    Bonus Welcome 20%
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus Referral Seumur Hidup

    Dapatkan Minimal Bet Parlay 5ribu Rupiah Saja....

    Proses Transaksi Cepat , Mudah dan Aman...
    Dapatkan Kemudahan Deposit Dengan Deposit via PULSA dan OVO

    Klik >>>>>>> DAFTAR

    Ayo Gabung Segera Dengan Kami...
    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  2. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...