Saturday, April 7, 2018

Membangun Ide Kreatif &Inovatif

Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah kebutuhan yang terjadi dalam masyarakat atau dengan kata lain usaha bisnis akan terus beroperasi, berproduksi dan atau berkembang selama masih ada yang membeli(daya beli) atau membutuhkannyaPendiri Gojek Indonesia, Nadeim MakarimCEO Uber Travis Kalanickpendiri Bukalapak. Para pebisnis ini mengoptimalkan kreativitas dan inovasi  untuk membangun bisnisnya sukses.

Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah kebutuhan yang terjadi dalam masyarakat atau dengan kata lain usaha bisnis akan terus beroperasi, berproduksi dan atau berkembang selama masih ada yang membeli(daya beli) atau membutuhkannyaPendiri Gojek Indonesia, Nadeim MakarimCEO Uber Travis Kalanickpendiri Bukalapak. Para pebisnis ini mengoptimalkan kreativitas dan inovasi  untuk membangun bisnisnya sukses.

Membangun Ide kreatif & Inovatif  
 Keinginan berprestasi
 Sifat penasaran
 Berani menanggung risiko
 Pendidikan
 pengalaman

Faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk berwirausaha adalah:
1. Faktor lingkungan(peluang,  pengalaman&kreatifitas) contoh: Gojek Indonesia
2. Proses pemicu. Contoh :bukalapak
3. Proses/tahap pelaksanaan
Ide, Kreativitas, dan Inovasi:
Wirausahawan dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua tantangan menjadi peluang melalui ide-idenya dan pada akhirnya menjadi pengendali usaha (business driven) dan pengendali pasar (market driven).
Hal-hal mengembangkan ide dan menciptakan peluang sebuah keharusan tidak bisa dihindari. Sebab ide adalah keberhasilan dan peluang adalah kerja keras. Akhirnya sinergi ide dan peluang adalah keberlanjutan usaha
Menurut Teodore Levit, kreativitas adalah:
q kemampuan untuk berfikir yang baru dan  berbeda.
q berfikir sesuatu yang baru (thinking new thing),
Menurut Zimmerer dalam buku yang ditulis Suryana (2003 : 24) dengan judul buku “Entrepreneurship And The New Venture Formation”, mengungkapkan bahwa:
q ide-ide kreativitas sering muncul ketika wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berfikir sesuatu yang baru dan berbeda.
q kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada (generating something from nothing).



pertanyaan dasar : 
1. Apa kreativitas itu ?
2. Mengapa manusia berkreasi ?
3. Apa hambatan untuk menjadi kreatif ?
Kreativitas adalah kemampuan mencipta. Kretaivitas dianggap sebagai kemampuan untuk menghasilkan gagasan baru atau wawasan yang segar.
Dari semua makhluk yang ada di dunia ini, hanya manusia yang dikaruniai akal untuk mengubah perilakunya ke arah yang lebih berbudaya, merencanakan kehidupannya & melahirkan gagasan kreatif. Dengan memiliki kemampuan self-determination, menentukan pilihannya sendiri dengan pertimbangan tanggung jawab. Kita tetap tidak boleh melanggar norma apapun demi sebuah kreatifitas. Missal: Membangun aplikasi media sosial hanya untuk agama tertentu.


Hambatan dalam Berpikir Kreatif
































Persyaratan Berpikir Kreatif
1.     Perlu persiapan. Pendidikan formal dan informal mengenai entrepreneurship
2.     Usaha. Kumpulkan sebanyak mungkin ide jangan dievaluasi dulu.
3.    Inkubasi. Mengabungkan ide-ide yg sudah ada sehingga muncul ide atau embrio baru.
4.     Pengertian. Memahami persoalan/permasalahan secara mendalam.
5.     Evaluasi. Pilih yg terbaik, dari segi biaya, hukum, dan sebagainya.


Cara Wirausahawan mengembangkan kreativitas dan inovatif yaitu dengan
1.     Cara  mengenali hubungan,
Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan baru dan berbeda antara objek, proses, bahan, teknologi dan orang. Untuk membantu kreatifitas, kita dapat melakukan cara pandang kita terhadap hubungan kita dengan lingkungan alam sekitar. Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru. 
2.                 Mengembangkan perspektif fungsional
Seorang yang kreatif akan dapat melihat orang lain sebagai alat untuk memenuhi keinginannya dan membantu menyelesaikan tugasnya.
3.       Gunakan akal
Untuk dapat melakukan kreativitas dan dapat berimajinasi  maka gunakan otak bagian kanan, sedangkan otak bagian kiri digunakan untuk bekerja. Proses kreativitas meliputi pemikiran logis dan analitis terhadap pengetahuan, evaluasi dan tahap implementasi. Jadi bila kita ingin lebih kreatif, kita harus melatih dan mengembangkan kemampuan kedua otak kita tersebut.
4.       Hapus perasaan ragu-ragu
Untuk menjadi seorang yang kreatif dalam berwirausaha maka kita harus selalu berfikir positif agar dapat menjadi orang yang sukses.
Masalah yang ada dalam kreatifitas dan inovatif kewirausahaan, contohnya kita seorang penguasaha dunia perfilman. Realisasi sebuah ide film melibatkan banyak keahlian, mulai dari penulisan skenario, pengambilan gambar, acting, make-up pembuatan properti dan lain-lain. Semua bidang tersebut harus kreatif dan inovatif. Hapus perasaan ragu dalam hal bisa saja film tersebut pro dan kontra, apakah film tersebut komersil untuk kebutuhan industri atau menegedepankan nilai-nilai luhur, norma, pendidikan, sosial dan agama.


Sumber: film Indonesia

Referensi
Leonardus Saiman. 2017. kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus,  Salemba empat Jakarta
Suryana.2014. Kewirausahaan Kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta


No comments:

Post a Comment

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...