Sunday, April 1, 2018

Strategi Menangkap Peluang Usaha



Identifikasi Peluang Usaha Baru
      Proses bagaimana seorang pengusaha memanfaatkan peluang melalui sebuah usaha baru. (Hisrich et all, 2008:12).
      Selama masih ada yang membutuhkannya, maka ada peluang. Semua kebutuhan diatas memunculkan permintaan dan penawaran, maka melahirkan peluang-peluang untuk memenuhi permintaan. kebutuhan manusia akan barang dan jasa meningkat dengan sangat dasyat baik dalam jenis komoditinya maupun jumlahnya.   

 Identifikasi Peluang Usaha Baru
      Proses bagaimana seorang pengusaha memanfaatkan peluang melalui sebuah usaha baru. (Hisrich et all, 2008:12).
      Selama masih ada yang membutuhkannya, maka ada peluang. Semua kebutuhan diatas memunculkan permintaan dan penawaran, maka melahirkan peluang-peluang untuk memenuhi permintaan. kebutuhan manusia akan barang dan jasa meningkat dengan sangat dasyat baik dalam jenis komoditinya maupun jumlahnya. • Karena itu terdapat berjuta-juta peluang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dimana manusia memiliki keinginan tak terbatas baik jumlah dan jenisnya.
Contoh: Perkembangan Mesin Cuci

Cara Mencari Peluang Usaha:
1.    Mengembangkan ide-ide
2.    Menangkap produk/jasa yang paling dibutuhkan
3.    Memahami potensi diri
4.    Memahami kondisi ekonomi
5.    Memiliki akses wirausaha
6.    Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Sumber-sumber potensial peluang:
1.    Menciptakan produk baru dan berbeda
a.        Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan
b.       Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa
2.    Mengamati pintu peluang (Zimmerer 1996)
a.     Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang   relatif singkat
b.     Kerugian teknik harus rendah
c. Ketika pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan   strategi produknya
d.    Pesaing tidak memiliki teknologi canggih
e. Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam     mempertahankan posisi pasarnya
f.    Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumber-sumber       untuk menghasilkan produk barunya.

Mengamati peluang juga mencakup:
q Mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam  mengembangkan produk
q     Mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam kapabilitas dan sumber-sumber yang dimiliki.
q  Menentukan apakah pintu peluang ada atau tidak(bisa mendahului pesaing, kapabilitas  dan smber-sumner yang mampu membawa produk ke pasar yang sedang di kuasai pesaing, bisnis anda memiliki kekuatan yang cukup untuk menguasai serangan pesaing)
3.    Analisis produk dan proses produksi secara mendalam
4.    Menaksir/memperkirakan biaya awal
5.    Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.
a.     Risiko Teknik, berhubungan dengan proses pengembangan produk yang cocok dengan yang diharapkan dna menjadi produk yang siap dipasarkan dengan kapabilitas dan karakteristiknya.
b.    Risiko Finansial, risiko yang timbul sebagai akibat ketidakcukupan dana, baik dalam tahap pengembangan produk baru maupun dalam menciptakan dan mempertahankan perusahaan untuk mendukung biaya produk baru.
c.      
Penyebab utama kegagalan:
1.             Dalam berusaha kita sering bersikap hangat-hangat tahi ayam
2.     Dalam berusaha kita sering kali sekadar ikut-ikutan atau          mengikuti tren
3.     Kurang  dedikasi
4.     Perencanaan dan pengelolaan keuangan yang buruk
5.     Pengalaman manajemen/pengelolaan usaha yang minim            dan buruk
6.     Memilih lokasi usaha awal yang sering kali asal-asalan
7.     Pengendalian bisnis yang tidak konsisten, kurang teliti
8.     Manajemen piutang yang tidak tegas
9.     Kurang diyakini bahwa bisnisnya dapat berhasil, kurang          iman.
10.   Rasa optimis yang berlebihan
11.   Kurang hati-hati
12.   Gegabah dalam membuka usaha baru/tidak                                memperhitungkan kemungkinan yang akan dihadapi.               (bisnis yang industrinya mulai jenuh)
Strategi memilih jenis usaha:
1.     Pilihlah jenis usaha yang paling anda sukai
2.     Sebaiknya jangan memilih bisnis yang telah besar walaupun kemampuan keuangan anda mungkin cukup memadai
3.     Jangan memilih jenis usaha secara musiman
4.     Bisnis waralaba
5.     Memilih usaha tanpa modal
Menemukan  Peluang Usaha:
§  Peluang usaha bersumber dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat.
    Apakah yang menjadi kebutuhan masyarakat atau kebanyakan anggota masyarakat saat ini atau di masa yang akan datang?”.
§  Untuk memahami kebutuhan masyarakat diperlukan suatu diagnosa terhadap lingkungan usaha secara keseluruhan, yang meliputi faktor ekonomi, politik, pasar, persaingan, pemasok, teknologi, sosial dan geografi.
§  Lingkungan usaha senantiasa berubah setiap saat, bahkan perubahannya cukup pesat dan seiring dengan itu terjadi pula perubahan kebutuhan masyarakat.
§  Untuk menemukan peluang usaha yang prospektif seharusnya kita sebagai wirausahawan senantiasa mencari informasi yang terkait dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan masyarakat.
§  Sumber informasi dapat diperoleh dari instansi/lembaga pemerintah, media massa, pasar atau mungkin melalui wawancara dengan konsumen, survey, dan sosial media.
§  Jadi, peluang senantiasa ada karena perubahan-perubahan terus berlangsung di masyarakat
§  Kemampuan kita melihat peluang sangat tergantung dari informasi yang kita peroleh tentang faktor lingkungan usaha.
§  Contoh: Bisnis kue artis kekinian sudah merebak di seluruh penjuru tanah air, ketika baru muncul pangsa pasar merespon dengan baik, tetapi begitu banyaknya kue artis ternyata respon masyarakat saat ini bisnis kue artis sudah tidak semenarik dulu. Pioner Kue artis dimulai tahun 2015 yaitu malang strudel, yogya scrumy, surabaya snowcake, Napoleon. Tetapi di tahun 2017 sudah ada 40 kue artis. Dan 2018 tren menurun karena begitu banyak kue artis yang mirip. Missal kan saja satu kota ada 5 solo: Solopluffy, soloprabu, valencake, soloflosroll, solovely. Kurang lebih berada di  kota(Jakarta, bandung, Surabaya, malang, yogya, solo, semarang ,bali, Balikpapan, makasar) kurang lebih 45, dan kota lain ada 3 kue artis di kota medan, Cirebon, kendari, pekan baru ada 12 kue artis maka  jumlahnya sekitar 57 kue artis di Indonesia saat ini.


§  Lalu muncul tag line baru #bukan kue artis milik Kaesang Pangarep dengan”Sang Pisang”

Bahan Diskusi:
  Jelaskan cara melahirkan ide-ide dan mentransfer ide-ide tersebut menjadi peluang usaha?
   Sebutkan beberapa sumber peluang potensial dan cara peluang tersebut dapat diperoleh?
 Strategi apa yang harus dilakukan seorang wirausaha agar mampu menangkap peluang usaha?
Bagaiamana cara mengembangkan ide-ide suatu produk atau jasa baru. Jelaskan?

Referensi:
      Leonardus Saiman, 2017,kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus,  Salemba empat Jakarta
   Suryana.2014. Kewirausahaan Kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta





3 comments:

  1. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  2. Punya Pulsa tapi tidak tau mau diapakan???
    Mari Join di Donaco Poker manfaatkan Pulsa kamu sebagai Ladang uang
    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...