Saturday, March 3, 2018

MEMPERSIAPKAN PORTOFOLIO (DYS) SERDOS PERIODE 2018



Kiat sukses ini untuk dosen yang sudah masuk di data D3 SERDOS, Agar sukses  Serdos maka salah satu persiapan  tersebut adalah  portofolio.
       Berikut berkas Portofolio yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
  1. Menyusun Riwayat Hidup/ CuricuLlum Vitae CV
a.   Foto
Foto dengan ketentuan: Pas foto berwara close up, bersifat resmi menghadap ke depan dan terlihat jelas. Ukuran proporsi foto 4 x 6(minimal 400 pixel X 600 pixel) Untuk laki laki dengan background polos warna biru dan untuk perempuan berwarna merah. Ukuran file maksimal 500kb.
b.      Isian daftar Riwayat hidup(CV) Terbaru
Susunlah Riwayat hidup/ CV sebaik dan selengkap-lengkapnya dengan disertai bukti- bukti yang jelas. Karena CV ini sebagai bahan deskripsi diri.
c.        Publikasi karya Ilmiah
Data yang harus dipersiapkan untuk karya ilmiah dengan penyertaan bukti dengan cara di  mengunggah/ uploud file bukti tersebut atau  menautkan URL dari repository-nya melalui menu “ uploud bukti publikasi karya ilmiah”
d.      Riwayat Pelatihan,
Data yang harus dipersiapkan yaitu Tahun pelatihan, Skope(local/ nasional/ internasional), nama penyelenggara, Lokasi pelatihan, nama pelatihan dan jangka waktu pelatihan.
e.      Riwayat Mengajar,
Data riwayat mengajar yang dibutuhkan yaitu semester berapa, tahun akademik, jenjang prodi, nama matakuliah, beban SKS, Nama jurusan/ prodi/ Univ.
f.        Data Bahan Ajar
Data  bahan ajar yaitu semester, tahun akademik, jenjang prodi, nama matakuliah, beban sks, dan jenis bahan ajar.
g.      Riwayat Penelitian
Data riwayat penelitian yaitu tahun penelitian, sumber dana, peran dalam penelitian dan judul penelitian.
h.      Riwayat pengabdian
Datanya yaitu Tahun pengabdian, peran dalam pengabdian, jenis/ nama kegiatan, tempat.
i.        Riwayat Pertemuan Ilmiah
Data yang akan dibutuhkan yaitu tahun, jeneis pertemuan, lingkup, judul kegiatan, peran dan penyelanggara
j.        Riwayat Piagam/ penghargaan
Data yang akan di butuhkan yaitu: Tahun, bentuk penghargaan dan pemberi
k.      Riwayat peran dalam kegiatan Kemahasiswaan,
Data yang dibutuhkan yaitu tahun kegiatan, peran, jenis/ nama kegiatan dan tempat
l.        Riwayat Jabatan
Data yang dibuthkan masa/ tahun jabatan dan nama jabatan.
  1. Penilaian persepsional
Penilaian persepsional diperoleh dari mahasiswa, teman sejawat, atasan langsung dan DYS(Dosen yang disertifikasi/ peserta). Penilaian ini dilakukan dengan memberi skor pada instrument secara online dengan skor nilai 1-7. Instrument persepsional terdiri dari kelompok skor untuk kompetensi (1) pedagogi, (2) professional, (3) kepribadian, dan (4) social. Jumlah akun yang dibutuhkan untuk penilaian persepsional terdapat 10 akun penilai yaitu mahasiswa (5), teman sejawat 3, ATasan langsung 1, dosen yang disertifikasi 1. Dimana akun online tersebut akan diperoleh melalui PTU (Perguruan Tinggi Pengusul) setelah ditetapakannya D4.
  1. Deskripsi Diri
Deskrispi diria di buat sendiri, tidak melihat deskripsi diri/ DD orang lain, tidak copy paste. Semua narasi terisi dan setiap butir DD. 150 kata(180-250 kata), cocok dengan CV.
  1. Tes Bahasa Inggris
Penyelenggara TKBI Atau TOEP oleh Teflin. sedangkan,  Tips mengenai TOEP bisa juga dibaca selengkapanya di https://rusnandarirc.blogspot.co.id/2017/08/test-toeplolos.html 
  1. Tes Potensi Akademik
          Mengingat waktu yang tersedia tidak banyak Segera buka website  https://plti.co.id/  dan  lebih detail untuk Tata cara pendaftaran, pemilihan lokasi tes, dan pembayaran dapat dilihat pada link berikut https://plti.co.id/panduan/peserta.
Setelah Dokumen portofolio selesai maka pastikan bahwa SEMUA DOKUMEN BENAR DAN BENAR-BENAR ADA.

Referensi

#SUKSES DOSEN PROFESIONAL INDONESIA

3 comments:

  1. Sis saya beberapa kali tes tidak lulus krn nilai bhs.inggrisnya kurang, bisakah saya minta bimbingan agar bisa tes Bhs.Inggris dan TKDA sy berhasil

    ReplyDelete
  2. kita bisa meningkatkan ke 2 nya, tetapi kalaupun sulit. maka salah satu jalan adalah mana yang memungkinkan kita tingkatan bisa bahasa inggris atau TKDA nya.


    selain itu, kalau kita jabatan fungsional Asisten Ahli atau AA maka segera urus ke Lektor, karena semakin tinggi jabatan fungsional maka nilai yang dibutuhkan untuk TOEP dan TKDA score semakin kecil.


    beberapa type soal sudah ada yang saya uploud di blog saya


    terimakasih, sukses selalu ibu fransisca

    ReplyDelete
  3. Assalaamualaikum,wr,wb.
    Ikut baca tulisannya ya boleh?
    Terima kasih

    ReplyDelete

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...