Sunday, November 4, 2018

Pengisian Standar 3”Mahasiswa dan Lulusan “ Borang Prodi

Selaku Dosen, pasti sudah biasa dengan akreditasi dan pengisian Borang Prodi. Salah satu standar dalam borang tersebut yaitu standar 3 mencakup semua tentang mahasiswa dan lulusan. Pengisian ini membutuhkan data dari PMB dan Forlap-ristekdikti/ PDPT. Data daya tamping sampai prosentase lulusan dan IPK nya. Data tersebut untuk mengisi dat 3.1.1 dan 3.1.4. Berikut cara pengisian borang pada standar 3.


 








Tabel 3.1.1. ada 16 kolom dan 8 baris
Pengisian kolom (1) Tahun akademik adalah:
Ø  TS:Tahun akademik penuh terakhir saat pengisian borang (misal: TA 2017/2018)
Ø  TS-1: 2016/2017
Ø  TS-2: 2016/2015
Ø  TS-3: 2015/2014
Ø  TS-4: 2014/2013

Pengisian kolom (3) dan (4) pada jumlah calon mahasiswa regular, data jumlah calon mahasiswa regular tersebut diperoleh dari data penerimaan mahasiswa baru pada instansi masing-masing. Kolom (3) untuk yang ikut seleksi dan (4) lulus seleksi. Pastikan data anda yang akan anda input sudah benar/valid dari sumbernya.


Pengisian kolom (5) dan (6) pada jumlah mahasiswa baru, data ini berasal dari biro penerimaan mahasiswa baru. Kolom (5) untuk regular bukan transfer  dan (6) untuk mahasiswa transfer. Kriteria mahasiswa dikategorikan sebagai berikut:
(1)   Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2)   Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3)   Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.

Pengisian kolom (7) dan (8) pada jumlah total mahasiswa, kolom (7) untuk regular bukan transfer diperoleh dari jumlah total TS-5+jumlah mahasiswa baru regular bukan transfer pada kolom (5) pada TS-4/ Baris (3).


Pengisian IPK lulusan Reguler pada kolom (7), (8), dan (9) sebagai berikut:
Ø  Kolom (7) pada baris 3(TS-4) adalah Min: IPK Minimum dari semua lulusan pada tahun 2013/2014/ TS-4.
Ø  Kolom (8) pada baris 3(TS-4) adalah IPK Rata-rata dari semua lulusan pada tahun 2013/2014/ TS-4.
Ø  Kolom (9) pada baris 3(TS-4) adalah Mak:IPK Maksimum dari semua lulusan pada tahun 2013/2014/ TS-4.

Berikut tabel 3.1.4 jumlah mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir:








Contoh tabel  3.1.4 yang sudah di isi sebagai berikut:








Pengisian tabel 3.1.4 dimulai dari pengisian data jumlah mahasiswa Regular dari TS s/d TS-6. Pada tabel yang di blok biru tersebut adalah pengisian data untuk setiap jumlah mahasiswa di tahun tersebut. Missal: TS-6= 100, TS-5= 40, TS=105.
Kolom (1), (2), (3) pada baris 3/ TS-6 sebesar 100, karena pada tahun tersebut belum ada yang lulus sehingga jumlah murid masih sama. Kolom (4) pada baris TS-6  pada panah merah pertama ada yang lulus 50 maka yang jumlah mahasiswa regular 100-50= 50, pada TS-6  pada panah merah kedua ada yang lulus 20 maka yang jumlah mahasiswa regular 50-20= 30 untuk kolom (5), pada TS-6  pada panah merah ketiga ada yang lulus 20 maka yang jumlah mahasiswa regular 30-20= 10 untuk kolom (6), dan pada TS-6  pada panah merah keempat ada yang lulus 5 maka yang jumlah mahasiswa regular 10-5= 5 untuk kolom (7), sehingga pada kolom(8) Jumlah lulusan s.d TS (dari mahasiswa regular) adalah 50+20+20+5= 95 mahasiswa regular.
Kolom (2), (3), dan (4) pada baris 4/ TS-5 sebesar 40, karena pada tahun tersebut belum ada yang lulus sehingga jumlah murid masih sama. pada baris ke 4/TS-6  pada panah hijau pertama ada yang lulus 20 maka yang jumlah mahasiswa regular 40-20= 20 untuk kolom (5), pada baris ke4/ TS-6  pada panah hijau kedua ada yang lulus 20 maka yang jumlah mahasiswa regular 20-20= 0 untuk kolom (6), dan pada baris ke4/TS-6 pada kolom (7) adalah 0/ sudah lulus semua yaitu 0-0=0 sehingga pada kolom(8) Jumlah lulusan s.d TS (dari mahasiswa regular) adalah 20+20= 40 mahasiswa regular.



1 comment:

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...