Saturday, August 19, 2017

Persiapan Tembus Sertifikasi Dosen"SERDOS"

Tulisan ini hanya sebuah sharing semata, sehingga saya pun menuliskannya dengan Persiapan...iya sebuah persiapan. Menurut saya segala sesuatu kalau di persiapkan dengan matang pasti berbuah manis.Persiapan apa yang harus Kita lakukan untuk menghadapai Sertifikasi Dosen tersebut lolos/ lulus/ tembuuuuss. Berikut kriteria awal agar kita tembus Sertifikasi Dosen:👉
  1. Kualifikasi Akademik minimal S2 yang terakreditasi
  2. Dosen tetap PTN/ PTS atau yayasan / DPK
  3. Telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun sebagai dosen tetap
  4. Memiliki Jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten ahli

nah sampai di 4 kriteria  tersebut  tidak ada yang kurang, maka kita bisa lanjut ke persiapan berikutnya agar menjadi DYS= Dosen yang disertifikasi(PESERTA).
 Kita sebagai dosen sudah harus ada di Data D-1( ini bukan diploma lho guys tapi Data Dosen/ D), untuk sampai di data D-1 ini bakal calon DYS di proses Perguruan Tinggi Home base. Degan cara lengkapi data dosen. Melengkapainya di Operator Perguruan Tinggi masing-masing. Untuk berkas apa saja yang dibutuhkan:


  1. Scan Ijazah dan transkrip S1/S2/S3
  2. Scan PAK terakhir(Penetapan angka Kredit)
  3. Scan Jabatan Fungsional Terakhir
  4. Identitas Diri
  5. SK yayasan/ SK PNS
Semua berkas sudah di upload oleh operator PT, Maka tinggal tunggu data D-2, Hasil dari data D-2 di proses oleh ristekdikti. akan muncul data D-3. Setelah data D-3 dirilis oleh laman serdos dan kopertis masing-masing, maka PTS/PTS melakukan verifikasi untuk di usulkan atau tidak, dengan surat pengantar dari Pimpinan PT, untuk PTS dikirimkan ke Kopertis untuk di verifikasi untuk mendapatkan akun. nah pada tahap D-3 ini ada 2 hal yang harus dipersiapkan lebih yaitu: TKDA  dan TOEP baca dihttps://rusnandarirc.blogspot.co.id/2017/08/test-toeplolos.html, Kunjungi laman plti.co.id yang rajin kalau sudah masuk D-3 untuk mengantisipasi ketertinggalan test dan masih bisa milih lokasi ujian atau penyelenggara ujiannya tersebut mana saja.

Data D4 Akan di umumkan melalui website serdos dan kopertis wilayah masing-masing. Data D-4 di tanggan  anda. itu artinya anda akan mendapatkan akun sebagai DYS/ Peserta SERDOS, mempersiapkan ikut sosialisasi SERDOS dan akan mengisi  Portofolio.

Akun serdos akan anda peroleh dari panitia sertifikasi dosen di Perguruan tinggi masing-masing. Jadi kalau anda sudah sampai tahap D-4 ini, koordinasi  dengan panitia itu penting banget. Karena akan ada 10 akun untuk setiap DYS. Akun tersebut untuk peserta 1 akun, atasan peserta 1 akun, Sejawat 3 akun dan untuk mahasiswa 5 akun. Seberapa penting 9 akun itu untuk kelulusan anda??? kita bahas di lain waktu ya.....


 Untuk Persiapan TEST TKDA &TOEP kita bahas selanjutnya......termasuk pengisian Portofolio Yang gampang-gampang susah atau sedikit gampang tapi kok susah juga...tenang selama kita sebagai dosen yang melaksanakan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI  maka...semuanya akan dimudahkan...aamiin.


👍Sukses menjadi Dosen Profesional🎓









2 comments:

  1. scan itu ijazah/transkrip/SK harus asli atau boleh fotokopi yang dilegalisir?

    ReplyDelete
  2. SK Yayasan dan bukti scan dari identitas diri boleh fotocopy yang dilegalisir.
    ijazah dan transkrip asli yg di scan

    ReplyDelete

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...