Thursday, April 11, 2019

Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) Versi 4.0.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menetapkan Peraturan Nomor 2 tahun 2019 tentang Panduan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri dan Panduan Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi tertanggal 25 Maret 2019 akan tetapi pengajuan aktif mulai 1 April 2019. Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi terbaru 2019 / IAPS 4.0, IAPS 4.0 ini berorientasi pada output dan outcome dan terdiri dari 2 bagian yaitu: 1)    Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan 2) Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi.


LKPS berisi data kuantitatif yang secara bertahap akan diambil dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) yang memuat capaian indikator kinerja unit pengelola program studi (UPPS) sebagai unit pengusul akreditasi program studi (APS), serta program studi yang diakreditasi. Sehingga wajib bagi instansi mengelola dengan baik dan teliti untuk pengisian kelengkapan  pangkalan data pendidikan tinggi(PD-Dikti). Saat ini (11 april 2019) yang diambil langsung dari PD-Dikti hanya pada data dosen (gelar,NIDN, pendidikan terakhir, jabatan fungsional), sedangkan yang lainnya seperti data mahasiwa(lulusan, masa  studi, IPK), penelitian, dan pengabdian belum terkoneksi langsung.

Sedangkan LED merupakan dokumen evaluasi yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan program studi, yang tidak hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria. LED terdiri dari (1) pendahuluan/ kerangka konseptual, (2) Laporan Evaluasi Diri. Di mana Laporan evaluasi tersusun atas kondisi eksternal, profil unit pengelola Prodi, 9 kriteria dan analisis penetapan Program  pengembangan unit pengelola program studi dan program studi. Pada bagian penutup berisi deskripsi yang memuat kesimpulan akhir dari Laporan Evaluasi Diri. 


Selain Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi yang diuploud ke SAPTO yaitu aps (tabel dari Laporan Kinerja Program Studi yang terdiri dari 41 sheet, yakni indikator 1 ada 1 sheet, indikator 2 ada 1 sheet, indikator 3 ada 15 sheet, indikator 4 ada 1, indikator 5 ada 4 sheet, indikator 6 ada 2 sheet, indikator 7 ada  1 sheet , dan indikator terakhir ada 17 sheet). Dari kedelepan sheet tersebut terbanyak yaitu indikator 8 luaran dan capaian Tridarma dan Indikator 3 tentang Sumber daya manusia, sehingga dari 2 indikator tersebut terlihat memiliki nilai yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...